Cara Beternak Burung Lovebird Agar Cepat Bertelur,-Dalam kehidupan sehari-hari kita selalu melihat burung beraktivitas layaknya manusia, dengan mendengar nyanyiannya, keindahan bentuk tubuhnya, dan oleh karena itu tidak sedikit orang didunia ini menyukai atau memelihara burung di dalam sangkar. Ada juga yang tak sedikit beralih profesi menjadi peternak burung. Dari yang awalnya suka, kemudian Hobi mengumpulkan berbagai macam jenis burung dan akhirnya belajar menernak burung.

Baik pembahasan kali ini saya akan memberi  tahu bagaimana cara beternak burung lovebird atau budidaya burung lovebird, untuk urusan burung yang satu ini banyak sekali disukai oleh semua kalangan dari anak-anak bahkan sampai orang dewasa, karena bentuk burung yang cantik dan bagus ini menjadi salah satu burung yang banyak digemari. Untuk cara budidaya burung lovebird tidak terlalu susah, hanya perlu perawatan yang baik dan peternak harus bisa membedakan mana jantan mana betina , karena dari bentuk tubuh dan warna sama tidak bisa dibedakan dan hampir mustahil bisa membedakannya.

Burung Lovebird

Kemudian selain susah membedakan jenis kelamin pada burung lovebird,burung ini merupakan burung yang bukan berasal dari Indonesia melainkan Negara afrika yang kemudian di kenalkan oleh penduduk Indonesia dan ternyata mempunyai respon yang sangat baik. Menjadi peternak burung sangatlah mudah ketimbang kita beternak unggas lainnya, bagaimana cara beternak burung lovebird yang baik simak cara-cara berikut ini

Cara Beternak Burung Lovebird Agar Cepat Bertelur


·        Menyediakan Tempat Untuk Bertelur


Dalam proses perkembang biakan burung lovebird peternak harus menyediakan tempat yang cukup besar. selain itu sediakan kotak yang berukuran 25 x 30 cm didalam kandang burung lovebird. Diusahakan Kandang untuk beternak burung lovebird ini didalam rumah dengan tempat yang sejuk dan tidak sering terkena sinar matahari, Karena saat proses pengeraman burung lovebird membutuhkan tempat yang nyaman, pada saat masa bertelur peternak harus menyediakan bahan-bahan seperti serat kelapa, rumput-rumput yang sudah kering dan lain sebagainya.

Setelah bahan sarang yang sudah disediakan oleh peternak dimasukkan kedalam kandang, secara otomatis burung lovebird akan membawa bahan yang telah disediakan peternak masuk kedalam kotak untuk bertelur  yang sudah disediakan oleh peternak. Masa penetasan telur pada burung lovebird biasanya memakan waktu 20-21 hari, Dan jumlah telur yang di hasilkan burung lovebird ini  biasanya mencapai 6 telur dalam masa bertelur.

·         Membedakan jenis Kelamin


Cara membedakan jenis kelamin, wah sudah tahukah bagaimana caranya,? seperti yang sudah saya jelaskan sedikit diatas, bahwa burung lovebird ini susah sekali dibedakan mana jenis betina dan mana jenis pejantan. Dan hampir mustahil bisa saya rasa, dari bunyi, postur tubuh, warna semua sama, Cukup sulit bukan.? Hanya Ada satu cara membedakan jenis kelamin burung lovebird ini.

Bukan dengan  cara memegang  tulang supit pada burung lovebird bisa menentukan jenis kelamin itu tidak benar melainkan dengan cara tes darah, dan kemudian  dibawa ke laboratorium, waah pasti membutuhkan biaya lagi tuh,? Tetapi peternak tidak perlu khawatir, karena  ada cara alternative lain, yaitu dengan membiarkan saja burung lovebird itu kawin. Burung lovebird adalah burung yang bisa kawin walaupun itu berjenis kelamin yang sama. Biarkan burung lovebird kawin, setelah proses perkawinan selesai tunggu hingga 14 hari, jika burung lovebird itu bertelur berarti salah satu diantara burung itu jantan jika tidak kebalikannya, berarti burung itu semuanya pejantan.

Saya menganjurkan apabila peternak sudah menemukan atau mengetahui  jenis kelamin pada burung lovebird sebaiknya peternak memisahkan burung lovebird jantan dan betina, agar saat massa kawin atau bertelur peternak tidak kerepotan lagi untuk memilih mana itu burung jenis jantan dan mana betina.


·         Pemberian Pakan


Pemberian pakan ini sangat penting karena dapat membuat burung lovebird ini cepat untuk bertelur. Umumnya pemberian pakan pada burung lovebird ini adalah milet yang banyak disediakan oleh took penjual pakan burung, tidak hanya diberikan pakan milet saja, tetapi perlu juga diberikannya makanan tambahan seperti sayur-sayuran seperti  kangkung ataupun biji-bijian seperti jagung dan lain lain. Tidak hanya pakan saja namun pemberian vitamin juga perlu agar daya tahan tubuh burung lovebird menjadi agak kebal terhadap penyakit.

Saat masa pertumbuhan burung lovebird membutuhkan supleman yang baik agar saat masa bertelur burung lovebird dalam keadaan fit tidak mengalami stes atau gangguan-gangguan yang lainnya.


·         Mengetahui Usia Produksi


Dalam Beternak Burung Lovebird Peternak harus bisa mengetahui usia produksi bertelur pada burung lovebird, Pada usia 32 minggu sebenarnya burung lovebird sudah bisa bertelur namun telur yang dihasilkan kurang bagus,karena walaupun bertelur jarang sekali bisa menetas, usahakan peternak bersabar hingga usia burung tersebut mencapai umur satu tahun kalender. Agar telur yang dihasilkan bagus dan kualitas telur yang didapat menetas secara sempurna.

Jika sudah memulai massa kawin segeralah sediakan persiapan yang baik dan bagus agar burung lovebird bisa mengeramkan telurnya dengan nyaman dan tidak mengalami stress, dan bibit yang dihasilkan pun berkualitas dan laku laris di pasaran.

selanjutnya silahkan baca di sini Cara Agar Lovebird Cepat Bertelur

Baca juga Cara Membuat Lovebird Ngekek Panjang

Demikianlah cara yang benar dalam merawat atau Cara Beternak Burung Lovebird Agar Cepat Bertelur yang benar, dan ilmu yang sedikit ini mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca maupun peternak burung lovebird.Baca Juga Artikel Kami Mengenai Cara Jitu Agar Burung Lovebird Cepat Gacor Dan Harga Burung Lovebird Terbaru. Terima Kasih.