Mengukur lebar, tinggi jarak dan tingkat kemiringan suatu objek seperti bangunan tentu membutuhkan alat bernama Meteran dan water pas. Tentu saja kedua alat tersebut wajib hukumnya untuk digunakan bagi kamu yang Bekerja di luar lapangan seperti kontraktor bangunan atau semacamnya. Namun membawa alat-alat semacam itu tentu saja akan membuatmu repot bukan? Nah bagi kamu yang ngga mau repot maka beruntunglah jika kamu punya Android, karena di Android terdapat aplikasi yang dapat menggantikan alat-alat pengukur tersebut sehingga kamu dapat menggunakannya dimana aja tanpa perlu repot bawa-bawa penggaris, meteran, busur maupun waterpass nama aplikasinya Smart Tools.
Smart Tools adalah aplikasi untuk Android yang dapat berguna untuk membantu kamu menghitung ukuran jarak, tinggi, panjang dan lebar suatu benda yang berada di sekitar kamu. Dengan aplikasi ini kamu ngga perlu lagi pake meteran buat ngukur berapa tinggi tembok rumah, tinggal arahkan device Android ke benda yang akan kamu ukuran dan jepret.. aplikasi ini akan mengetahui berapa tinggi, jarak dan ukuran objek yang ingin kamu ketahui ukurannya itu. Woh kok bisa? wo lha ajaib je, wong saya aja sampe gumun kok pas nyobain aplikasi ini.
Aplikasi ini menggunakan kamera Android sebagai alat ukurnya, entah prosesnya gimana tapi ketika saya coba untuk mengukur tinggi pintu kamar dan tiang bendera, keakuratan Smart Tools ini hampir 100 % alias pas banget! Dan karena menggunakan fasilitas kamera Android tentu saja aplikasi ini akan maksimal untuk digunakan saat siang hari, karena nek pas malem hari itu gelap jadinya objek yang akan kamu ukur jadi susah kelihatan.
Selain terdapat alat pengukur jarak, panjang, dan tinggi tersebut pada Smart Tools ini juga terdapat beberapa fitur tools lain yang bisa saya katakan sangat unik. Kenapa kok unik? lha iya deh.. bayangpun kamu bisa menggunakan Android kamu sebagai alat pertukangan seperti penggaris, busur, sampai Waterpass dan Pedulum, pie? masih kurang unik juga? Tenang bero di Smart Tools ini pun masih terdapat beberapa tool ajaib seperti Metal Detektor, Sound Meter, Vibrometer, bahkan sampai Senter. Lho banyak sekali to?
Fitur Kompas, Sound Meter, dan Magnetic Tools yang terdapat pada Apps Smart Tools Fitur Kompas, Sound Meter, dan Magnetic Tools yang terdapat pada Apps Smart Tools[/caption' name='APP_NAME' theme='light' lang='en']
Alat-alat peng-ukur yang terdapat di Smart Tools Alat-alat peng-ukur yang terdapat di Smart Tools[/caption' name='APP_NAME' theme='light' lang='en']
Jujur saya heran dan terpana ketika nyobain aplikasi yang isinya aneh-aneh ini, entah dukun mana yang mensupport aplikasi ini sampai bisa digunakan untuk segala keperluan pengukuran ini, yang jelas kalo ada Pak Tukang Bangunan pake Android tentu mereka wajib menginstall aplikasi Smart Tools ini.
Untuk menggunakan aplikasi ini kamu mesti membelinya dulu di Play Store dengan harga 2,41 dolar cukup murah jika dibandingkan dengan segi fungsionalitasnya. Namun kamu mesti sedikit cermat ketika akan mendownloadnya karena di Play Store terdapat dua aplikasi bernama Smart Tools, yang satu bikinan Smart Tools Co, satunya lagi bikinan Zuzu. Kalo dari deskirpsi di Play Store sih fungsi dan fiturnya sama. Tapi yang saya belum nyoba Smart Tools versi Zuzu. Kalo saran saya sih mending pakai yang versinya Smart Tools Co, karena developer ini sudah mendapat predikat sebagai Top Developer di Play Store.